Hasil belajar adalah skor total kemampuan yang diperoleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain jenis quasi eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ada pengaruh signifikan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2015/2016, dimana nilai t-hitung ≥ t-tabel yaitu 26,708 > 1.697 dengan N = 32 – 2 = 30 pada taraf signifikan (taraf kesalahan) 5%. Artinya semakin sering model pembelajaran Jigsaw digunakan sebagai dalam kegiatan pembelajaran maka hasil belajar siswa semakin baik pula.
Copyrights © 2020