Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020

Efektivitas Penggunaan UKBM Terhadap Literasi Sains Materi Alat Optik Dalam Model PjB-STEM Dengan Asesmen Formatif Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang

Choirun Nisah Alifiyah (Universitas Negeri Malang)
Parno Parno (Unknown)
Sentot Kusairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan UKBM berbasis PjBL-STEM terhadap literasi sains materi alat optik dalam model PjBL-STEM dengan asesmen formatif pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang. Jenis rancanngan penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil analisis data dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 6,890 > 1,67 dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang pada pokok bahasan alat optik yang diberi perlakuan menggunakan UKBM berbasis PjBL-STEM dalam model PjBL-STEM dengan asesmen formatif memiliki peningkatan literasi sains lebih tinggi dibandingkan dengan yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL-STEM dengan asesmen formatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...