Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga

PERAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Meta Natasia Br Ginting (Unknown)
Boby Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing bola voli melalui Model Pembelajaran Example Non- Example pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Medan. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui pembelajaran dalam jaringan materi kelentukkan pada masa pademi corona virus desease 2019 atau di kenal Covid-19. Materi yang disampaikan guru dilakukan melalui aplikasi whatsapp gorup dan google classroom dengan memberikan file materi dan pesan suara berupa penjelasan terhadap materi kelenturan. Materi passing bawah bola voli terdapat pada buku paket siswa sehingga capaian pembelajaran harus dapat dicapai berdasarkan pedoman buku PJOK. Penelitian ini menggunakan metode action research class dengan penerapan 1 siklus. Sampel yang digunakan adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Medan berjumlah 32 orang. Data penelitian yang diperoleh pada kegiatan penelitian adalah hasil penilaian mulai dari pertemuan 1 (satu) hingga pertemuan 3 (tiga). Hasil analisis data diperoleh derdasarkan data penelitian diketahui bahwa siswa kelas VIII dengan jumlah 32 orang dan menjadi subjek penelitian diperoleh data tidak ada yang miliki pemahaman tentang passing atau 90,6% siswa belum memiliki tuntas belajar. Pelaksanan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus I diperoleh data 30 orang siswa (93,8%) tuntas belajar dan 2 orang (6,2%) belum tuntas belajar. Simpulan dalam penelitian ini adalah capaian hasil belajar diperoleh melalui satu siklus penelitian tindakan dengan klasikal siswa yaitu 93,8% dari 80% dan memiliki persentase kelulusan klasikal siswa melampaui KKM 75 dengan nilai ratarata 81,9. Keberhasilan capaian hasil belajar diperoleh melalui penilaian tugas video terkait materi passing bawah bola voli sebagai bentuk alternatif penilaian masa covid-19. Disarankan Penerapan model pembelajaran example non-example dapat dijadikan sebagai rujukan dalam meningkatkan hasil belajar materi bola voli yang dapat diaplikasikan melalui pembelajaran dalam jaringan (daring).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JUMPER

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Other

Description

JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) merupakan kumpulan yang berasal dari tugas akhir mahasiswa ataupun hasil penelitian mahasiswa di bidang Pendidikan Olahraga. JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Mei dan ...