JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 12, No 2 (2019): JPPM (Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika) Volume 12 Nomor 2 Agustus 2019

PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Nurrohmat Nurrohmat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Maman Fathurrohman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2019

Abstract

Pemecahan masalah matematis dapat dimaknai sebagai kegiatan untuk melakukan penyelesaian masalah non-rutin yang sifatnya matematis dengan membutuhkan pengetahuan sebelumnya untuk menyelesaikannya. Pembelajaran penemuan terbimbing dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan yang menempatkan pembelajaran di antara siswa dan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitan ini adalah siswa kelas XI IPA disalah satu SMA di Kabupaten Lebak provinsi Banten. Instrumen pemecahan masalah matematis merujuk dari Sumarmo (2006) dengan empat indikator pemecahan masalah matemtis. Pengujian statistik menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan KAM di atas rata-rata lebih baik dari siswa KAM di bawah rata-rata dalam capaian pemecahan masalah matematis. Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional dalam capaian kemampuan pemecahan masalah matematis signifikan pada siswa dengan KAM atas, sedangkan siswa dengan KAM bawah belum menunjukan pengaruh yang berbeda. Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran penemuan terbimbing, kemampuan awal matematis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...