Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 5, No 1 (2020)

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Lulu Yuliani, Syaepuddin (Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2020

Abstract

IMPLEMENTASI  KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL  DALAM  MENGEVALUASI PEMBELAJARAN  ANAK USIA DINI(Studi Pada Kelompok Bermain  Nurul Anwar Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) Lulu Yuliani1, Syaepuddin212 Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangiluluyuliani@unsil.ac.id, Syaepuddin@unsil.ac.id, ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi  Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal Dalam Mengevaluasi  Pembalajaran  Anak  Usia Dini (Studi Pada Kelompok Bermain  Nurul Anwar Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Menghasilkan rekomendasi keilmuan  Pendidikan Luar Sekolah,  mempublikasikan hasil penelitian pada prosiding, jurnal nasional maupun Internasioanal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan dan memperkaya pengembangan teori ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sejenis dalam menambah cakrawala dan membuka wawasan keilmuan PLS.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Peneliti mengadakan pengamatan dan mencari data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden yang diamati. Peneliti secara terus menerus melaksanakan wawancara dengan informan secara mendalam untuk mengumpulkan data dari Tutor PAUD Nonformal. Dengan menggunakan tahap analisis Triangulasi Data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan  hasil penelitian bahwa Implementasi Kompetensi Pedagogik  Tutor PAUD Nonformal di Kelompok Bermain Nurul Anwar dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini dalam penilaian pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester, Instrumen yang digunakan adalah observasi, catatan anekdot,  penilaian hasil karya dan portofolio. Pelaporan penilaian harian dan bulanan dilakukan disekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak dan pelaporan penilaian semester dilakukan disekolah dengan menggunakan rapor dan media Sosial melalui Aplikasi WhatsApp Group (WAG) Adapun faktor yang menjadi menjadi pendukung dalam pembelajaran Kober Nurul Anwar adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai dan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman Tutor dalam penerapan beberapa dari jenis instrument.  Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik,  Anak usia dini,  Tutor PAUD Nonformal, Evaluasi pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...