IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI(Studi Pada Kelompok Bermain Nurul Anwar Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) Lulu Yuliani1, Syaepuddin212 Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangiluluyuliani@unsil.ac.id, Syaepuddin@unsil.ac.id, ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal Dalam Mengevaluasi Pembalajaran Anak Usia Dini (Studi Pada Kelompok Bermain Nurul Anwar Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Menghasilkan rekomendasi keilmuan Pendidikan Luar Sekolah, mempublikasikan hasil penelitian pada prosiding, jurnal nasional maupun Internasioanal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan dan memperkaya pengembangan teori ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sejenis dalam menambah cakrawala dan membuka wawasan keilmuan PLS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Peneliti mengadakan pengamatan dan mencari data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden yang diamati. Peneliti secara terus menerus melaksanakan wawancara dengan informan secara mendalam untuk mengumpulkan data dari Tutor PAUD Nonformal. Dengan menggunakan tahap analisis Triangulasi Data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal di Kelompok Bermain Nurul Anwar dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini dalam penilaian pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester, Instrumen yang digunakan adalah observasi, catatan anekdot, penilaian hasil karya dan portofolio. Pelaporan penilaian harian dan bulanan dilakukan disekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak dan pelaporan penilaian semester dilakukan disekolah dengan menggunakan rapor dan media Sosial melalui Aplikasi WhatsApp Group (WAG) Adapun faktor yang menjadi menjadi pendukung dalam pembelajaran Kober Nurul Anwar adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai dan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman Tutor dalam penerapan beberapa dari jenis instrument. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Anak usia dini, Tutor PAUD Nonformal, Evaluasi pembelajaran
Copyrights © 2020