Tujuan penelitian tentang Kompentensi tenaga penjual, kualitas pelayanan, penanganan komplain dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah pada BUMIDA di wilayah DIY-JATENG. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer sebanyak 200 responden yang digunakan. Teknik yang digunakan purposive sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesiner dengan skla linkert. Pengujian dengan menggunakan analisa regresi linear berganda dan dilakukan uji asumsi klasik serta ujia kualitas data. Adapun hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan citra pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, penanganan complain berpengaruh negative terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kompetensi tenaga penjual tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada asuransi BUMIDA. Secara simultan kopentensi tenaga penjual, kualitas pelayanan, penanganan komplain dan citraperusahaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dimana F hitung > F tabel sebesar 149,194 (149,194 > 2,42). Adapun nilai determinasi (R2) sebesar 75,4%. Kata kunci : kopentensi tenaga penjual, kualitas pelayanan, penanganan complain, citra perusahaan
Copyrights © 2021