Jurnal Tirtayasa Ekonomika (Tirtayasa Economica Journal)
Vol 16, No 2 (2021)

Kompentensi Tenaga Penjual, Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain, Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi

Herwi Yanto (Universitas Islam Batik Surakarta)
Kartika Hendra TS (Universitas Islam Batik Surakarta)
Supawi Pamenang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian tentang Kompentensi tenaga penjual, kualitas pelayanan, penanganan komplain  dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah pada BUMIDA di wilayah DIY-JATENG. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer sebanyak 200 responden yang digunakan.  Teknik yang digunakan purposive sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesiner dengan skla linkert.  Pengujian  dengan menggunakan analisa regresi linear berganda dan dilakukan uji asumsi klasik serta ujia kualitas data. Adapun hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan citra pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, penanganan complain berpengaruh negative terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kompetensi tenaga penjual tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada asuransi BUMIDA. Secara simultan kopentensi tenaga penjual, kualitas pelayanan, penanganan komplain dan citraperusahaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dimana F hitung > F tabel sebesar 149,194 (149,194 > 2,42).  Adapun nilai determinasi  (R2) sebesar 75,4%. Kata kunci : kopentensi tenaga penjual, kualitas pelayanan, penanganan complain, citra perusahaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Tirtayasa Ekonomika Journal |ISSN: 2540-931X (Online)| is published by Faculty of Economics and Business, University Sultan Ageng Tirtayasa. Tirtayasa Ekonomika Journal provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news ...