Jurnal Tirtayasa Ekonomika (Tirtayasa Economica Journal)
Vol 16, No 2 (2021)

Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Pasar Tradisional Ditinjau Dari Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen (Studi Pada Pasar Sambas Medan)

Cut Ermiati (Universitas Negeri Medan)
Dita Amanah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Selly Utami (Universitas Negeri Medan)
Dedy Ansari Harahap (Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi harga dan sikap konsumen terhadap minat konsumen membeli sayuran organik. Sampel penelitian ini adalah konsumen Pasar Sambas Medan yang membeli sayuran organik dengan jumlah 100 responden yang dipilih dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis data. SPSS 22.00 digunakan sebagai alat bantu pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga dan sikap konsumen secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen sayuran organik. Hasil R square sebesar 0,217 menunjukkan arti bahwa 21,7% minat beli konsumen dijelaskan oleh persepsi konsumen terhadap harga dan sikapnya. Sisanya 7,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Beberapa keterbatasan dan saran untuk penelitian selanjutnya dibahas dalam artikel ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Tirtayasa Ekonomika Journal |ISSN: 2540-931X (Online)| is published by Faculty of Economics and Business, University Sultan Ageng Tirtayasa. Tirtayasa Ekonomika Journal provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news ...