Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate dalam pemecahan masalah fisika pada pokok bahasan dinamika rotasi, tahun ajaran 2020 semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penilaian. Berdasarkan analisis data penelitian pemahaman konsep matematis, diperoleh bahwa siswa sebanyak 2 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang sangat tinggi, 2 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang baik, 13 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang cukup, 3 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang kurang, dan 10 orang dari 30 siswa memperoleh nilai dalam kriteria gagal. Sedangkan analisis data per indikator diperoleh bahwa untuk indikator menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasikan konsep sebesar 88,2% (sangat tinggi), menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 32,9% (rendah), menafsirkan dan menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 33,7% (rendah), menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 52,6% (cukup), mengaplikasikan konsep algoritma pada pemecahan masalah sebesar 33,5% (rendah), dan menyimpulkan 53,3% (cukup). Kata Kunci: Pemahaman konsep matematis, pemecahan masalah
Copyrights © 2021