SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 6, No 1 (2021): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI MARET 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 HALMAHERA SELATAN PADA KONSEP GAYA DAN GERAK

Emy Narti Hadis (Unknown)
Sumarni Sahjat (Unknown)
Rohima Wahyu Ningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII pada konsep gaya dan gerak. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil belajar tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan statistik uji-t. Data hasil perhitungan diperoleh thit = 10,57 dan ttab = 2,080 dengan dk = 21 dan taraf signifikan 0,05. sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa thit ttab atau 10,57 2,080 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains sebesar 1,3 yang termasuk dalam kategori sangat besar, dengan persentasi respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 63,92% yang termasuk dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII pada konsep gaya dan gerak. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...