Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII pada konsep gaya dan gerak. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil belajar tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan statistik uji-t. Data hasil perhitungan diperoleh thit = 10,57 dan ttab = 2,080 dengan dk = 21 dan taraf signifikan 0,05. sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa thit ttab atau 10,57 2,080 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains sebesar 1,3 yang termasuk dalam kategori sangat besar, dengan persentasi respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 63,92% yang termasuk dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII pada konsep gaya dan gerak. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains
Copyrights © 2021