JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
Vol 12, No 1 (2021)

OPTIMASI PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA BARU PADA ERA NORMAL BARU (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING BRAND ZHFRN)

Haekal Fajri Amrullah (Mercu Buana University)
Ridho Azlam Ambo Asse (Mercu Buana University)
Rahmadya Putra Nugraha (Mercu Buana University)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Dampak kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid 19 berimplikasi pada sektor ekonomi makro dan mikro hingga level UMKM. Salah satu Brand lokal industri rumahan ZHFRN sukses berdiri dan bertahan selama pembatasan sosial tersebut dengan menggunakan facebook marketing. Penelitian bersifat kualitatif dengan metode studi kasus. Bertujuan untuk menganalisa bentuk strategi pemasaran menggunakan facebook selama masa pandemi covid 19. Peneliti melakukan eksplorasi terhadap strategi dan perangkat aktivitas pemasaran menggunakan wawancara mendalam kepada pemilik usaha serta pembuat konten facebook ZHFRN. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemetaan segmentasi berfungsi sebagai pembagi kategori setiap jenis produk sebelum dikampanyekan dengan iklan berbayar facebook pada beberapa indikator kelompok konsumen (facebook ads). Kemampuan Targeting ideal akan dibutuhkan dalam mengoptimasikan himpunan data facebook dengan kategori targeting konten produk yang akan di kampanyekan secara berbayar. Sedangkan aspek Positioning di implementasikan pada pengisian data profil fanpage brand dan bahan pembuatan konten agar representatif dengan positioning brand. Bauran pemasaran Product, Price, Place, dan Promotion (4P) diakomodir oleh facebook dalam implementasinya. UMKM baru yang merintis usaha seperti ZHFRN cukup mengimplementasikan facebook fanpage dengan mengandalkan kampanye iklan berbayar secara tepat sasaran, aktif membuat konten dan merespon pertanyaan konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political ...