Journal of Management and Business Review
Vol 18, No 2 (2021): Special Issue Konferensi Nasional Riset Manajemen XI, 2021

Pengaruh Kualitas Situs Web dan Karakteristik Konsumen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen pada Situs Web Tokopedia dengan Niat Pembelian sebagai Variabel Mediasi

Utari, Fidelia (Unknown)
Wijayanti, Cynthia Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh positif kualitas situs web dan karakteristik konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen. Karakteristik konsumen yang diteliti dalam penelitian ini adalah excitement dan product knowledge, yang dimediasi oleh niat pembelian konsumen. Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah pembelian daring telah meningkat, khususnya pada era pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk tinggal di rumah. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, memiliki gross merchandise value tertinggi. Meskipun begitu, jumlah pengunjung situs web Shopee tercatat lebih tinggi. Karena itu, penelitian ini bertujuan menguji efek kualitas situs web dan karakteristik konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability purposive dengan 191 responden yang telah mengisi kuesioner daring. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan metode PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa kualitas situs web tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, namun excitement dan product knowledge memberikan pengaruh yang positif dan signifikan. Selain itu, niat pembelian tidak memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara kedua karakteristik konsumen tersebut terhadap perilaku pembelian impulsif. Implikasi manajerial dari penelitian ini berupa saran kepada Tokopedia untuk lebih mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen agar Tokopedia dapat meningkatkan angka pembelanjaan secara online dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat di era pandemi saat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmbr

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Management and Business Review (JMBR) is a source of scientific information for academia, research institution, government agencies, and industries. We publish research paper on management and business strategy as well as related ...