Pembelajaran berbasis kearifan lokal menjadi jembatan bagi siswa untuk lebih mengenal nilai budaya daerahnya. Kearifan lokal yang digunakan sebagai konteks dalam penelitian ini berupa bangunan Pabrik Gula Jatibarang Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran Jatibarang Local Wisdom Berbasis Adobe Animate sebagai terobosan pembelajaran matematika digital pada materi gabungan bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang telah dimodifikasi sehingga terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Analysis, meliputi: analisis pendahuluan dan analisis kebutuhan, (2) Design, meliputi: pembuatan desain media, (3) Development, meliputi: pengumpulan materi dan pembuatan produk, serta (4) Implementation, meliputi: uji coba produk. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VI SDN Cikandang 02. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, angket kebutuhan awal, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan siswa terhadap penggunaan media. Hasil penelitian ini berupa produk aplikasi media pembelajaran dalam bentuk game edukasi Jatibarang Local Wisdom Berbasis Adobe Animate sebagai terobosan pembelajaran matematika digital yang valid dan praktis. Hal ini diperoleh dari hasil presentase penilaian uji validasi ahli media dan ahli materi yang menunjukan kategori “Sangat Baik” dan hasil presentase angket kepraktisan penggunaan media yang menunjukan kategori “Sangat Baik”.Kata Kunci: Adobe Animate; Kearifan Lokal; Model Pengembangan ADDIE
Copyrights © 2021