MALIH PEDDAS
Vol 10, No 2 (2020): Malih Peddas, Volume 10, Nomor 2

PENGEMBANGAN BUKU MENULIS DONGENG MODEL INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA SISWA SMP

Purwati, Panca Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsi prototipe buku menulis dongeng model integratif; hasil validasi prototipe buku menulis dongeng; dan keberterimaan buku menulis dongeng untuk siswa SMP berdasarkan ujicoba.  Pendekatan yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prototipe buku memenuhi empat standar: isi (aspek intelektual, moral, emosional, bahasa, dan beramanat), penyajian (berpola pikir analogi sistematis untuk mencapai tujuan belajar, grafika (dicetak dengan huruf dan  jenis kertas baik), dan standar bahasa (komunikatif, dialogis, interaktif) sehingga menghasilkan teks dongeng kreatif. Penilaian tim validator terhadap buku berdasarkan aspek isi, penyajian, kegrafikaan, dan bahasa mencapai rataan 4,02 (tinggi), memenuhi aspek keberterimaan. Hasil uji banding prestasi siswa meningkat 19,17. Hasil uji regresi diperoleh rataan prediksi pengaruh sikap kreatif, mandiri, dan kedua sikap tersebut secara bersama (regresi ganda) terhadap prestasi sebesar 70,92%; 84,1%;  dan 86,62%. Skor rataan hasil pengamatan terhadap kinerja guru dan siswa 4,31 (tinggi) dan 94,53% (sangat tinggi). Berdasarkan data penelitian tersebut dan hasil impelementasi disimpulkan bahwa penggunaan buku menulis dongeng memiliki keberterimaan berkategori tinggi. Saran  berdasarkan hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, ketepatan pemilihan dongeng penting untuk keefektifan proses dan hasil belajar.  Kedua, sebaiknya materi ajar sastra dan aspek dasar teks dibelajarkan bersamaan agar produk sastra komunikatif. Ketiga, hasil penelitian ini perlu dipertimbangkan untuk penelitian lanjutan.

Copyrights © 2020