MALIH PEDDAS
Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2

EFEKTIFITAS METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI 01 PURWOHARJO

yudha, nadin prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran Matematika di SD Negeri 01 Purwoharjo masih kurang efektif. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang dilakukan guru, dimana pada saat menyampaikan materi pelajaran guru cenderung menggunakan satu strategi pembelajaran saja, seperti ceramah, mencatat, serta penugasan. Akibatnya siswa cenderung pasif, kurang antusias serta kurang berminat terhadap materi yang dipelajarinya. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika adalah dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu 40 siswa kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitan diperoleh rata-rata pretest yaitu sebesar 67,00 sedangkan hasil rata-rata posttest sebesar 77,25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data melalui perhitungan uji t diperoleh nilai  23,794 dan  = 2,704. Karena  , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan metode discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Volume Kubus dan Balok pada siswa kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo.

Copyrights © 2021