Darussalam Nutrition Journal
Vol 5, No 2 (2021): Darussalam Nutrition Journal

Pengaruh edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan asupa sayur buah pada siswa sekolah dasar dengan status gizi lebih

Adani Ladiba (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Addina Zulfaa (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Adinda Djasmin (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Adinda Mevya (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Adinda Safitri (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Adzro'ul Akifah (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Rachma Purwanti (Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Latar belakang: Anak sekolah dasar memiliki karakteristik konsumsi makanan tinggi kalori dan rendah serat yang dapat mempengaruhi status gizi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan asupan sayur buah siswa SDI Al-Azhar 14 Semarang. Metode: Desain studi yang dipilih yaitu quasi eksperimental one group pre test -post test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan consecutive sampling dengan jumlah sampel 21 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari google formulir, meliputi data karakteristik siswa dan orang tua, data pola makan, data aktifitas fisik, dan durasi tidur. Data sekunder diperoleh dari sekolah yang meliputi nama, jenis kelamin, tanggal lahir, berat badan dan tinggi badan. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan WHO AnthroPlus. Progam gizi dilaksanakan pada 2 November-18 November 2020 dengan media video dan game. Hasil: Sebesar 45,5% siswa memiliki status gizi lebih. Tingkat konsumsi sayur dan buah siswa termasuk defisit, masing-masing 90,9% dan 68,1%. Sebanyak 85,7% siswa mengalami peningkatan pengetahuan gizi setelah program dilaksanakan. Tidak ada orang tua yang berpartisipasi dalam membuat kreasi sayur dan buah. Sebanyak 16,67% siswa mengalami peningkatan asupan sayur dan tidak terdapat anak yang mengalami peningkatan asupan buah. Selain itu, tercapai kesepakatan dengan sekolah untuk mengadakan edukasi gizi secara berkelanjutan. Kesimpulan: Sebagian besar siswa memiliki status gizi lebih dengan asupan sayur dan buah rendah. Pelaksanaan program edukasi (Barbar 5C) dan advokasi (Voniz) berjalan sesuai dengan indikator keberhasilan. Namun, program Kreasi Sayur dan Buah (Berkah) tidak berjalan sesuai indikator keberhasilan. Perlu adanya progam yang lebih inovatif untuk meningkatkan partisipasi orang tua.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nutrition

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Medicine & Pharmacology

Description

Darussalam Nutrition Journal (DNJ) is a scientific journal containing research articles in the scope of halal food science, nutrition and health, related to clinical nutrition, community nutrition, sports nutrition, molecular nutrition, nutritional biochemistry, functional food, and nutrition ...