Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

DETERMINAN KINERJA BISNIS INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) TENUN IKAT KABUPATEN JEPARA

Ningsih, Devi Ratna (Unknown)
Pujiati, Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan baku, tenaga kerja, modal usaha, karakteristik wirausaha dan dukungan pemerintah terhadap kinerja bisnis IKM tenun ikat Kabupaten Jepara. Populasi penelitian adalah 629 IKM tenun ikat yang berlokasi di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, sampel 87 pengusaha. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat regresi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahan baku, tenaga kerja, modal usaha, karakteristik wirausaha dan dukungan pemerintah mempengaruhi kinerja bisnis IKM tenun ikat (60,3%). Dengan rincian bahan baku mempengaruhi (7,02%), tenaga kerja mempengaruhi (7,24%), modal usaha mempengaruhi (20,79%), karakteristik wirausaha mempengaruhi (15,21%), dan dukungan pemerintah mempengaruhi (5,81%). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan baku, tenaga kerja, modal usaha, karakteristik wirausaha dan dukungan pemerintah terhadap kinerja bisnis IKM tenun ikat. Saran dari penelitian ini adalah pengusaha seharusnya dapat lebih aktif dalam mengikuti program – program yang diselenggarakan oleh pemerintah dan pemerintah dapat memberikan penghargaan atau hadiah bagi pengusaha yang mengikuti program dari pemerintah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...