Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 2 (2019): Economic Education Analysis Journal

Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Menjadi Guru

Fauziyah, Khofiya Nur (Unknown)
Widiyanto, Widiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Kesiapan menjadi guru adalah kesiapan seseorang yang telah memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan pengajaran dengan segala kompetensi yang dimilikinya. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan motivasi mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013, baik secara simultan maupun parsial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis ststistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh analisis deskriptif kesiapan menjadi guru termasuk dalam kategori rendah, lingkungan keluarga termasuk dalam kategori tinggi, prestasi belajar termasuk dalam kategori sangat memuaskan, dan motivasi mahasiswa termasuk dalam kategori rendah. Lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan motivasi mahasiswa secara simultan berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 dengan kontribusi sebesar 51,4%, secara parsial lingkungan keluarga berpengruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 26,42%, prestasi belajar berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 6,86%, dan motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 23,52% terhadap mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...