Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 3 (2019): Economic Education Analysis Journal

Efek Efikasi Diri pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Ambarriyah, Siti Bekti (Unknown)
Fachrurrozie, Fachrurrozie (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan, dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausha mahasiswa dengan efikasi diri sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 323 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh 179 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis uji selisih mutlak.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Kecerdasan adversitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak mampu memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak mampu memoderasi hubungan antara lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak mampu memoderasi hubungan antara kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Saran penelitian ini yaitu untuk meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa dibutuhkan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan (lingkungan keluarga, sekolah/kampus dan keadaan alam sekitar) yang baik dalam mendukung mahasiswa berwirausaha.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...