Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 2 (2020): Economic Education Analysis Journal

Peran Sikap Berwirausaha Dalam Memediasi Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Arifah, Novita Nurul (Unknown)
Rusdarti, Rusdarti (Unknown)
Sakitri, Wijang (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi informasi, kreativitas, dan lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas yang berjumlah 5.629 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 173 orang. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh teknologi informasi terhadap sikap berwirausaha sebesar 9,12%, ada pengaruh kreativitas terhadap sikap berwirausaha sebesar 21,62%, ada pengaruh lingkungan sosial terhadap sikap berwirausaha sebesar 3,53%, ada pengaruh teknologi informasi terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha sebesar 18,59%, ada pengaruh kreativitas terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha sebesar 40,97%, ada pengaruh lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha sebesar 11,67%, ada pengaruh sikap berwirausaha terhadap intensi berwirausaha sebesar 16,16%, adapun pengaruhnya positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sikap berwirausaha terbukti dapat menjadi variabel mediasi penguat pengaruh teknologi informasi, kreativitas, lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...