Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 2 (2020): Economic Education Analysis Journal

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Praktik Kerja Industri Melalui Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja

Wahyuningsih, Ika (Unknown)
Yulianto, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 program keahlian akuntansi di SMK Negeri 2 Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 96 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menjadikan seluruh anggota populasi sebagai responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh negatif terhadap kesiapan kerja, (2) praktik kerja industri dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja, (3) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh negatif terhadap motivasi kerja, (4) praktik kerja industri berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, (5) status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh negatif melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja, dan (6) paktik kerja industri berpengaruh positif melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri bepengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kesiapan kerja adalah siswa perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia pasca sekolah terutama dalam hal pencarian pekerjaan dengan terus mengasah keterampilan, sikap maupun pengetahuan serta menambah informasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...