Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan

Pemanfaatan Nilai Didaktis dalam Novel Supernova: Partikel Karya Dewi Lestari sebagai Bahan Pembelajaran di SMA

Indriyana Uli (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)
Elva Sulastriana (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)
Dini Hajafiani (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai didaktis dan relevansi nilai didaktis pada novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Bentuk penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai didaktis berupa aspek moral yakni mandiri, pantang menyerah, rasa ingin tahu, kerja keras, dan keberanian. Juga ditemukan aspek sosial yaitu berupa, setia kawan, kasih sayang, dan cinta lingkungan. Nilai didaktis selanjutnya yakni aspek religi, tergambar dari ketaatan beribadah yang dilakukan tokoh Abah dan tokoh Aisyah. Nilai didaktis dalam novel tersebut mengandung perilaku atau perbuatan-perbuatan yang baik dan dapat menjadi panutan manusia dalam bermasyarakat; dan (2) berdasarkan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA, novel Supernova: Partikel isinya bagus dan sesuai jika digunakan sebagai bahan ajar, karena novel tersebut banyak mengandung nilai didaktis, khususnya nilai pendidikan karakter berupa moral, sosial, dan agama. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...