Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan

Hubungan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kemampuan Menulis Pantun

Melia Melia (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan modelpembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas. Adapun masalah dalam penelitian (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) kemampuan menulis pantun siswa, (3) hubungan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship studies). Populasi berjumlah 62 orang kelas VII A dan B 31 orang. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase, mean, dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berbasisi masalah terdapat 87,06% dengan kategori baik. (2) Kemampuan menulis pantun pada siswa keas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas adalah sebesar 69,72% dengan kategori cukup. (3) Hubungan antara penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun dengan koefisien korelasi sebesar 0,659 yang akan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi rxytingkat hubungantergolong kuat.  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...