Unnes Science Education Journal
Vol 2 No 2 (2013): July 2013

PENGEMBANGAN MODUL HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA SISWA SMP

Hening, Weni Ratna Nurlita (Unknown)
Sudarmin, Sudarmin (Unknown)
Mustikaningtyas, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada materi hubungan antar komponen ekosistem berbantuan flashcard yang dapat menumbuhkan karakter cinta lingkungan pada siswa SMP N 32 Semarang.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D).Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, angket, tes dan observasi. Hasil validasi pakar pembelajaran IPA, modul dinyatakan layak, untuk selanjutnya digunakan dalam pembelajaran.Siswa dan guru IPA SMP memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap modul. Hasil penilaian karakter siswa memperoleh persentase sebesar 46,5% dengan kriteria mulai terlihat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul hubungan antar komponen ekosistem berbantuan flashcard layak dan dapat menumbuhkan karakter cinta lingkungan.  This study aims to develop a module on material relationships between ecosystem components assisted flashcard that can fosterlove ofthe environment on students'character SMP N 32 Semarang. Design research i Research and Development(R &D). Data was collected using methods of documentation, questionnaires, tests, and observations. Validation ofexpertscience learningoutcomes, moduledeclared fit, forfurtheruse inlearning. Results o fstudent responses and junior high science teacher gavean excellent respons eto the module. Character ofstudentassessmentresultsto obtaina percentage of46.5% withcriteriaranginglook.It can be concluded that the relationship between the components of the ecosystem module flashcard aideddecent and loving environmenttogrow character. 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

usej

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of science teachers with the aim to advance our knowledge of science education theory and ...