Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATA KULIAH LOGIKA KOMPUTER DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Nurbani Herminarto Sofyan (Pendidikan Teknologi Iinformsi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah logika komputer antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, (2) perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah logika komputer antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team dengan kelas yang menggunakan metode konvensional ditinjau dari motivasi belajar, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasi-experimental research). Desain penelitian yang digunakan non-equivalent comparison-group design. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini menggunakan analisis Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Logika Komputer antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team dan kelas yang menggunakan metode konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Logika Komputer antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team dengan kelas yang menggunakan metode konvensional ditinjau dari motivasi belajar, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar Kata kunci:  efektivitas, metode pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar.

Copyrights © 2015