Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SUB POKOK BAHASAN PESTISIDA DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 KETAPANG

Ira Nofita Sari, Hairida, Rini Muharini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang pada sub pokok bahasan pestisida yang diberikan pembelajaran model konvensional dan yang diberikan pembelajaran model STM, serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model STM pada sub pokok bahasan pestisida. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian Control-Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIC dan VIIID. Pengambilan sampel dilihat dari hasil pretes kedua kelas, ternyata siswa memiliki kemampuan awal yang sama pada materi pestisida, sehingga untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cabut undi, didapatlah kelas kontrol adalah kelas VIII C yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional dan kelas eksperimen adalah kelas VIII D yang diberi pembelajaran dengan model STM. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk hasil belajar dan non tes berupa angket untuk respon siswa. Hipotesis diuji menggunakan uji ststistik U-Mann Whitney dengan taraf signifikan α = 5% dan diperoleh Zhitung Ztabel (-5,22 1,96) terletak pada daerah penolakan Ho, maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model STM dan yang diajar dengan metode konvensional pada sub pokok bahasan pestisida di kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang. Berdasarkan angket respon siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model STM diperoleh hasil bahwa terdapat respon positif siswa yang diajarkan dengan model STM. Kata Kunci: Sains Teknologi Masyarakat, hasil belajar, pestisida

Copyrights © 2014