Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN

Fety Novianty (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116)
Pratiwi Pratiwi (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang upaya  meningkatkan  hasil  belajar  siswa melalui metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di kelas X SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan adalah  penelitian Tindakan dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan  penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi  langsung, teknik pengukuran dan studi dokumenter kemudian alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi.  Hasil analisis data sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa kelas Xg SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau  pada siklus I masuk dalam kategori tinggi berdasarkan hasil post  test  yang diberikan sebanyak 25 siswa atau 75,15% dan 15 orang siswa yang masih belum tuntas; dan (2) Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu kategori sangat tinggi berdasarkan hasil post test yang diberikan ada sebanyak  33 siswa atau 82,35% . Kata Kunci: hasil belajar siswa, pembelajaran Value Clarification Technique.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...