Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

I Kadek Satria Arsana (STIA Bina Taruna Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden ditarik menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan kedua variabel bebas baik secara parsial maupun secara simultan memberikan dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, jika dilihat dari nilai determinasi parsial maka variabel keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dijelaskan bahwa semakin kreatif dan inovatif guru dalam mengajar semakin membuat siswa tertarik atau termotivasi dalam belajar. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa fasilitas belajar juga memiliki andil dalam meningkatkan motivasi belajar sebab fasilitas belajar merupakan faktor penunjang yang sangat dibutuhkan didalam proses belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...