Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah
Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah

Akhlak Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu: Sebuah Pemikiran Reflektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam

Nuri Sri Handayani (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Aam Abdussalam (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.)
Udin Supriadi (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Salah satu indikator untuk mencapai keberhasilan belajar adalah dengan mengetahui bagaimana akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu, namun hal ini justru masih diabaikan oleh sebagian peserta didik itu sendiri. Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan konsep tentang akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu: sebuah pemikiran reflektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan analisis konsep. Hasil dari penelitian mengenai konsep akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu menurut KH. Hasim Asy’ari ini terbagi menjadi tiga macam konsep akhlak, yaitu akhlak pribadi seorang murid, akhlak murid kepada guru, dan akhlak murid dalam belajar. Rekomendasi dari penelitian ini, hendaknya bagi semua pihak yang berkontribusi dalam dunia pendidikan khususnya bagi seorang peserta didik dapat mengaplikasikan konsep akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu yang digagas oleh KH. Hasyim Asy’ari ini agar mencapai keberhasilan dalam belajar sehingga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

althariqah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Thariqah Journal Manager invites lecturers, researchers and students to submit best manuscript of his research to be published in Al-Thariqah: Journal of Islamic Education, Faculty of Islamic Religious, Islamic University of Riau. Manuscripts submitted within the scope of the sciences of Islamic ...