Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kesulitan belajar siswa selama pandemi COVID-19. Adanya pandemi COVID-19 mengubah kurikulum di sekolah. Perubahan yang paling signifikan ialah pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring lebih sulit bagi siswa. Kesulitan ini menimbulkan turunnya motivasi belajar siswa. Dibutuhkan adanya penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi penggunaan media audio visual atau video dalam pembelajaran secara daring dan 2) mendeskripsikan hasil peningkatan motivasi belajar siswa selama pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil kuisioner yang dibagikan kepada siswa pasca pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan total siswa mencapai 25 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar terhadap siswa dengan penggunaan media audio visual.
Copyrights © 2020