Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 6 No 1 (2022): JISAMAR: February 2022

Penerapan Metode K-Means Dalam Menentukan Kelompok Pendalaman Materi Ujian Nasional

Yumi Novita Dewi (Universitas Nusa Mandiri)
Harsih Rianto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Cahyani Budihartanti (Universitas Nusa Mandiri)
Firstianty Wahyuhening Fibriany (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Pendalaman Materi (PM) merupakan kegiatan penting bagi siswa guna menghadapi ujian nasional. Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional. Penelitian ini menggunakan 99 dataset berisikan data nilai rapor siswa yang diambil satu semester terakhir untuk menentukan kelompok (cluster) pendalaman materi terhadap mata pelajaran yang diujiankan, dengan menggunakan metode k-Means. k-Means merupakan salah satu fungsi clustering yang melakukan proses pemodelan pengelompokan data dengan sistem partisi. Ada 4 mata pelajaran yang diujiankan, yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Dalam hal ini pengelompokan dibagi menjadi 2 cluster besar yaitu; kelas umum dan kelas khusus, dimana kelas khusus tersebut merupakan variable yang perlu penanganan khusus terhadap mata pelajaran yang diujiankan. Perhitungan metode ini menggunakan Rapid Miner 5.3. dengan membagi menjadi 10 cluster, dimana diperoleh nilai terbaik pada cluster 2 dan 9, dengan nilai centroid 83,5 pada cluster 9 dimata pelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...