Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 2 No 2 (2013)

PEMBERDAYAAN WANITA TUNA SUSILA (WTS) MELALUI KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) KETERAMPILAN SALON TATA KECANTIKAN RAMBUT (STUDI KASUS DI RESOSIALISASI ARGOREJO SUNAN KUNING KOTA SEMARANG)

Budiman, M Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2013

Abstract

Sebagai problem sosial pelacuran perlu penanganan yang serius agar tidak bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun dan tidak berdampak negatif pada kehidupan masyarakat. Salah satunya yaitu dengan memberdayakan Wanita Tuna Susila (WTS) melalui penbinaan-pembinaan kecakapan hidup (Life Skill). Untuk itu bagaimana pemberdayaan Wanita Tuna Susila (WTS) dalam pembinaan kecakapan hidup (Life Skill) melalui keterampilan salon tata kecantikan rambut di Lokalisasi Sunan Kuning dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan metode penelitian dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 orang penyelenggara, 1 orang pelaksana, 1 orang nara sumber teknis, dan 4 orang warga belajar. Hasil penelitian di Lolalisasi Sunan Kuning “Resosialisasi Argorejo” Semarang terdapat unsur-unsur pola pemberdayaan meliputi tujuan pemberdayaan, sasaran pemberdayaan, proses pemberdayaan, dampak pemberdayaan. Faktor pendukung meliputi, fasilitas dan sarana pembinaan yang cukup memadai, dukungan dari masyarakat dengan adanya pemberdayaan Wanita Tuna Susila, nara sumber teknis yang sangat kompeten sesuai dengan bidangnya. Faktor penghambat meliputi kurangnya nara sumber teknis pada keterampilan salon, perbedaan tingkat pendidikan dan kemampuan warga belajar perseorangan sehingga membuat perbedaan tingkat penyerapan materi. Simpulannya adalah pola pemberdayaan Wanita Tuna Susila di lokalisasi Sunan Kuning sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, memberikan dampak bagi wanita tuna susila baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...