Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 5 No 1 (2016)

PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KI HADJAR DEWANTORO KOTA SELATAN GORONTALO

Rahmat, Abdul (Unknown)
Mamonto, Ertiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest- posttest design. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 36 orang. Uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilliefors dan diperoleh nilai L0 < Ltabel yaitu pada pre test nilai L00,138 dan post test nilai L00,096 sedangkan untuk nilai Ltabel0,149 data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk data pre test dan post test berdistribusi normal. Homogenitas varians uji barlett statistik chi kuadrat diperoleh 0,983 < 3,841 maka data tersebut homogen, pengujian ini bertujuan untuk menentukan teknik uji hipotesis yang akan digunakan karena data homogen uji hipotesis yang digunakan adalah statistik uji t. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung 5,68 dan ttabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan atau metode bercerita. Dengan perbedaan tersebut, dapat disimpulkan adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...