Akses dan kualitas pendidikan masih menjadi permasalahan mendasar dalam pengembangan pendidikan tinggi. Pelaksanaan kebijakan pendidikan jarak jauh dengan berbagai model diharapkan mampu memberikan akses dan kualitas pendidikan kepada seluruh masyarakat. Salah satu model tersebut yakni tutorial tatap muka (TTM). Maka tulisan bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program TTM di Kecamatan Mangoli Utara. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan tutorial, evaluasi tugas Pokjar dalam mendukung program TTM, dan evaluasi peran UPBJJ UT Ternate dalam pelaksanaan TTM. Wawancara kepada mahasiswa, pokjar, dan perwakilan UPBJJ UT Ternate, serta observasi dan studi dokumentasi terkait dengan pelaksanaan TTM akan digunakan sebagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan TTM di Kecamatan Mangoli Utara sudah berjalan sesuai dengan tahapan dalam program TTM, yakni dimulai dari tahap awal tutorial, tahap inti tutorial, dan tahap akhir tutorial. Dalam pelaksanaan TTM, penilaian tutor kepada mahasiswa dinilai dari partisipasi dan tugas mahasiswa. Selanjutnya peran Pokjar di Falabisyahaya sangat maksimal dalam memberikan sosialisasi jadwal TTM, pengambilan buku mata pelajaran, dan pemberitahuan informasi akademik kepada mahasiswa. Sehingga mahasiswa sangat antusias mengikuti TTM. Namun, peran UPBJJ UT Ternate dalam mengiriman buku BMP masih terjadi keterlambatan, sehingga dikeluhkan oleh mahasiswa.
Copyrights © 2021