Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DARING PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 SINJAI

Sakaria Sakaria (Scopus ID: 57255510700, Universitas Negeri Makassar)
Usman usman (Universitas Negeri Makassar)
Andi Fakhira Hasda (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai (2) mendeskripsikan problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pada pelaksanaan pembelajaran daring bahasa Indonesia kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai, guru bahasa Indonesia telah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP dan melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp dan google classroom. Selain itu, diakhir pembelajaran guru melakukan evaluasi pembelajaran berupa memberikan penugasan kepada siswa, tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut belum terlaksana secara maksimal karena terdapat beberapa problem atau masalah dalam pembelajaran yaitu, kurangnya motivasi belajar, perbedaan pemahaman siswa, keterbatasan kuota dan jaringan internet, kurangnya minat belajar, dan keterbatasan dalam mengontrol pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...