Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kompetensinya adalah kemampuan mengembangkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan ice breaking pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik kelas XII AK 2 SMK Negeri 4 Negara semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Ice breaking dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan keaktifan siswa yang sebelumnya cenderung pasif, mengalami peningkatan dalam keaktifannya di dalam kelas setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Ice Breaking. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa cukup rendah yaitu 70,97 dengan ketuntasan klasikal 56%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami banyak peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 80,49 dengan ketuntasan klasikal 94%.
Copyrights © 2022