Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil penerapan media pembelajar berbasis animasi menggunakan go animate pada mata pelajaran perangkat keras di SMK Gunung Sari Makassar, (2) membandingkan hasil belajar antara kelas kontrpl dan kelas eksperimen di SMK Gunung Sari Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen design yaitu pretest – posttest control group design. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI TKJ 1 yang digunakan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas XI TKJ 2 digunakan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, teknik analisis data mengunakan analisis statistika deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data deskripstif diperoleh hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis animasi menggunakan go animate dengan rata-rata nilai perolehan prestest sebesar 41.5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 64. Memiliki nilai N-Gain sebesar 0.37 dengan katagori “sedang” sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata prestest sebesar 38.75 dan nilai rata-rata posttest sebesar 45.25, memiliki nilai N- gain sebesar 0.10 dengan katagori “rendah” dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar yang menerapankan media pembelajaran berbasis animasi menggunakan go animate sangat baik pada mata pelajaran perangkat keras di SMK Gunung Sari Makassar. Hasil analisis uji hipotesis di perolah nilai sing =0.001 < 0.05.
Copyrights © 2021