Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING DAN LURING PADA SISWA KELAS VII A SMP ASTRA MAKMUR JAYA

Wahyudi Nugroho (Sekolah Menengah Pertama Astra Makmur Jaya)
Suharto Suharto (Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi persoalan rendahnya motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning secara daring maupun luring pada Pelajaran Informatika, Siswa Kelas 7 A SMP Astra Makmur Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas dengan metode kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data, meliputi teknik pengamatan (observasi), wawancara, kajian atau telaah dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan pertama adalah teknik analisis deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan teknik analisis yang kedua adalah teknik analisis kritis, teknik ini digunakan untuk menelaah data-data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VII A SMP Astra Makmur Jaya yang berjumlah 34 orang, Pembelajaran yang dilaksanakan 50% daring dan 50% Luring, secara bergantian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Informatika baik secara daring maupun luring dengan rerata skor 63,58% pada siklus 1 dan rerata skor 91,82% pada siklus 2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...