COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 6 (2021)

PENERAPAN PEMBELAJARAN SPRINT GAWANG UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN, KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN JATIBARU

Suherman Suherman (SDN Jatibaru)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada pelajaran olahraga dan jasamani  sangat rendah. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain ; 1) Membuat pengembangan untuk menumbuhkan keberanian dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas 4. 2) Membuat pengembangan untuk menumbuhkan kesenangan dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas 4.  3) Membuat pengembangan untuk menumbuhkan percaya diri dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas 4.      Penelitian ini dilakukan pada kelas 4 SDN Jatibaru dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu : kognitif (pemahaman), afektif (penerimaan dan respin) dan psikomotor (keterampilan meniru). Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada setiap ranah ditiap siklusnya. Dengan metode pembelajaran Sprint Gawang siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data maka direkomendasikan kepada para guru untuk menggunakan metode pembelajaran Sprint Gawang dalam pembelajaran Olahraga dan Jasmani di SD Jatibaru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...