Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan)

Wahju Dyah Laksmi Wardhani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember)
Misyana Misyana (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember)
Ika Atniati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember)
Nina Septiani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Bahan lepasan atau yang lebih dikenal sebagai loose parts merupakan media pembelajaran yang memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi, memanipulasi, atau mengeksploitasi imajinasi secara kritis, karena karaktersitik loose parts yang memungkinkan anak mengolah sesuai bentuk dari ide yang dipikirkannya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bahan lepasan sebagai media belajar tidak saja hanya mengajarkan anak mewujudkan suatu imajinasi melalui metode proyek, namun juga melatih anak dalam pengembangan aspek sosialnya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK Bukit Aksara Semarang. Penelitian ini penelitian kualitatif yang menerapkan perspektif fenomenologis. Kesimpulannya, bentuk-bentuk perilaku sosial seperti kerja sama, kemandirian, tanggung jawab dan percaya diri nampak saat anak bermain mengolah bahan lepasan. Hasil ini penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi guru PAUD untuk menggunakan bahan lepasan ke dalam kurikulum

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...