Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2020)

Sikap Guru terhadap Anak Usia Dini dengan Autism Spectrum Disorder

Septiana Arini (Psikologi Terapan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Indonesia)
Farida Kurniawati (Psikologi, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Sikap guru terhadap anak usia dini dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah sebuah predisposisi yang dapat ditunjukkan secara favorable atau unfavorable. Sikap ini merupakan faktor penting yang memengaruhi bagaimana kualitas pengajaran terhadap anak dengan ASD di sekolah inklusif. Kajian literatur sistematis ini bertujuan untuk mengetahui sikap guru terhadap anak usia dini dengan ASD dan faktor yang memengaruhi sikap tersebut. Pencarian dilakukan melalui empat mesin pencari elektronik, yaitu Taylor Francis Online, ProQuest, EBSCOhost, dan Science Direct . Tahapan identifikasi, screening, uji kelayakan, dan eliminasi dilakukan hingga diperoleh 2 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasilnya, ditemukan bahwa terdapat perbedaan sikap guru terhadap anak usia dini dengan ASD antara pre-service dan in-service teacher. Pre-service teacher menunjukkan sikap positif sedangkan in-service teacher cenderung netral atau sedikit setuju. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk dilakukan terhadap guru-guru PAUD inklusif di Indonesia untuk memperluas gambaran dalam berbagai konteks budaya dan negara, serta memfokuskan penelitian sikap guru yang bukan merupakan dampak hasil pelatihan tertentu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...