Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Riwayati Zein (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia)
Vivi Puspita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Keterampilan berbahasa siswa anak usia TK masih rendah, hal tersebut dapt terlihat dari rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, menyampaikan ide terhadap pengamatan bahkan keterampilan siswa dalam mendengar pembicaraan. Berlandaskan hal tersebut maka dilakukan perancangan model BTPB guna meningkatkan kemampuan berbahasis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE pada tahapan ini dilakukan uji efektivitas dengan metode eskperimen pretest-postest control group design. Populasi berjumlah 120 siswa sedangkan sample pada penelitian adalah 42 siswa. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kelas yang menggunakan model BTPB dengan tidak, selanjutnya terdapat peningkatan kemampuan berbahasa siswa yang menggunakan model BTPB dibanding siswa yang tidak menggunakan. Hal ini menunjukkan bahwa model BTPB efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...