Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 tahun Menggunakan Pendekatan Think, Pair, and Share

Ritin Uloli (Fisika, Universitas Negeri Gorotalo)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Periode prasekolah memberikan peran penting pada aspek perkembangan bahasa anak. Hal ini dikarenakan anak mulai melakukan proses sosialisasi dan interaksi dengan berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun menggunakan pendekatan think, pair, and share. Sebanyak 10 anak dilibatkan sebagai subjek dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak berada pada angka 63% atau dengan kriteria mulai berkembang. Sengkan pada siklus 2, kemampuan berbicara anak berapada pada angka 82% atau berada pada tahap berkembang sesuai harapan. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe think, pair, and share dapat kemampuan berbicara anak. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru PAUD sebagai variasi pendekatan pengajaran sehingga hasil belajar anak meningkat termasuk dalam kemampuan berbicaranya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...