Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 8, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)

FAKTOR-FAKTOR KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER (STUDI KASUS DI KURSUS KOMPUTER TRACOM TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR)

Agus Agus (Unknown)
Azizah Husin (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penelitian mengenai faktor kemandirian belajar peserta kursus komputer ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan faktor kemandirian belajar dari para peserta kursus. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak lima orang yang merupakan peserta kursus komputer. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima subjek penelitian telah menunjukkan sikap atau perilaku yang cenderung dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri atau faktor internal, seperti sikap tanggung jawab, inisiatif, percaya diri, dan disiplin dalam belajar. Namun dalam penelitian ini tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat faktor eksternal seperti dengan ditunjangnya para peserta dalam belajar dengan sarana atau pemenuhan dalam kebutuhan dalam belajar serta pembelajaran di rumah juga didukung dengan suasana rumah yang tidak ramai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...