Penelitian ini dilatarbelakangi dunia pendidikan sekarang terus mengikuti perkembangan zaman untuk menghadiri berbagai edukasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman, dan factor pendukung serta penghambat dalam penggunaan media audi visual pada pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, 23 siswa kelas V, dan kepala SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara,. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan media audio visual berjalan sesuai dengan RPP yang dibuat guru, komponen pembelajaran juga sudah terpenuhi dengan maksimal. Selain itu, didukung dengan sarana prasarana yang lengkap dari pihak sekolah. Hambatan tidak ada nya horden membuat sinar dalam ruangan kurang gelap dan apabila listrik mati proyektor tidak bisa digunakan.. Kata kunci: Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SD
Copyrights © 2019