Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks dongeng yang diterbitkan melalui laman https://klasika.kompas.id/. Data dalam penelitian ini yaitu teks dongeng nusantara bertutur yang dimuat sejak bulan Januari hingga Maret 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak, catat, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengenai wujud integrasi nilai karakter gotong royong yang merupakan salah satu dari kelima karakter utama yang dicanangkan pemerintah, dalam teks dongeng nusantara bertutur tersebut wujud integrasi nilai karakter gotong royong dapat terlihat dari beberapa aspek, antara lain (1) watak tokoh (penokohan), (2) peristiwa yang dialami tokoh (hal-hal yang dialami oleh tokoh dalam cerita), dan (3) dialog antar tokoh (percakapan antar tokoh cerita). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, teks nusantara bertutur bisa dimanfaatkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Sekolah Dasar kelas III pada KD 3.8 Â menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan dan 4.8 memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Copyrights © 2021