Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 2, No 2 (2020)

PENGEMBANGAN MEDIA GRAPERTALIBRA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA

Fairus Fairus (Universitas Samudra Langsa)
Riezky Purnama Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui media GRAPERTALIBRA yang dikembangkan berbasis model Discovery Learning di kelas X SMK N 1 Langsa valid, praktis dan efektif; Mengetahui pemahaman konsep melalui penggunan media GRAPERTALIBRA dapat meningkat; dan Mengetahui apakah keterampilan sosial melalui penggunan media GRAPERTALIBRA dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap dissaminate dilakukan dengan disain quasi eksperimen one group pre-test post-tes dengan teknik analisis data statistik kuantitatif uji t. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli, guru, dan siswa kelas  X SMKN 1 Langsa. Validitas media GRAPERTALIBRA didasarkan atas pendapat validator. Kepraktisan didasarkan pada keterlaksanaan media GRAPERTALIBRA, respons guru dan  respon siswa. Keefektifan didasarkan pada: (1) Ketuntasan minimal pemahaman konsep dan keterampilan sosial, (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan (3) aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media GRAPERTALIBRA valid, praktis, dan efektif. Media GRAPERTALIBRA yang dikembangkan dalam penelitian ini masih dapat implementasi secara luas. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa media GRAPERTALIBRA yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan. Kata Kunci: Media GRAPERTALIBRA, Pemahaman Konsep, Keterampilan Sosial, Geoebra.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...