Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 3, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERSUMBER AL-QUR’AN BERBENTUK MODUL PADA MATERI FUNGSI KELAS X

Novianti Novianti (UNIVERSITAS TANJUNGPURA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PROGRAM STUDI MATEMATIKA)
Agung Hartoyo (Unknown)
Asep Nursangaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Pendidikan Nasional berupaya untuk membentuk warga negara berbudaya dan berkarakter yang baik. Di dalam kurikulum pembelajaran budaya dan karakter tersebut dapat dituangkan dalam Kompetensi Inti (KI) 1 dan 2 yaitu keagamaan dan nilai sosial, yang bisa didapatkan sekaligus melalui pembelajaran bersumber Al-Qur’an. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar matematika berbentuk modul bersumber Al-Qur’an pada materi Fungsi. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, diambil 3 tahap saja yaitu Analisis, Desain dan Pengembangan. Kualitas bahan ajar dinilai dari tiga aspek yaitu, validitas, kepraktisan dan efektifitas. Instrument pengumpulan data berupa angket validitas, posttes, dan angket kepraktisan. Angket validitas diisi oleh ahli media dan ahli materi. Kepraktisan dan keefektifan dapat diketahui dengan memberikan angket dan post tes kepada siswa Kelas X MAN 2 Pontianak, post tes diisi oleh siswa dan  angket kepraktisan diisi oleh guru dan siswa. Hasil dari pengumpulan data diperoleh rata-rata skor dari validitas adalah 3 termasuk kategori “valid”,  rata-rata kepraktisan adalah 2,985 termasuk kategori “Praktis” dan persentasi hasil post tes siswa 64,71% yakni melewati batas minimal skor sehingga masuk kategori “efektif”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kualitas pengembangan bahan ajar matematika berbentuk modul bersumber AL-Qur’an yaitu valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...