JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
Vol 7, No 1 (2021)

Model Syariah Reltionship Marketing Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Lembaga Keuangan Syariah

Akhmad Fahrur Rozi (universitas muhammadiyah jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini  menganalisis hubungan anatara model Syariah relationship marketing dengan kepuasan pelanggan di Bank Syariah Mandiri Jember berdasarkan shariah compliance, Conflict Handling, customer trust dan Customer comitment.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian deskriptif  kuantitatif .Pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 96 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil diperoleh  nilai shariah compliance (X1) dan customer trust (X3) adalah 0.00 dan 0.001 lebih kecil dari 0.005. Hal ini berarti shariah compliance (X1) dan customer trust (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan pada varibel X2 dan  X4 didapatkan nilai sig. masing-masing 0.969 dan 0.103 atau lebih besar dari 0.005. sehingga dapat disimpulkan bahwa Conflict Handling dan Customer commitment tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Jember. Variabel Shariah compliance memberikan kontribusi terbesar dalam membentuk kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil Ajusted R Square, model Syariah relationship marketing dapat mempengaruhi kepuasan nasabah cukup besar di Bank Syariah Jember sebesar 64,1%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMBI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, ...