Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana pengaruh variabel skills dan variabel personality terhadap kinerja tenaga penjualan di PT. Kosmetik X zona 2 dan zona 3 jawa bagian timur. Bila dilihat dari maksudnya, penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasi, sedangkan jika dilihat dari jenis data yang digunakan maka penelitian ini masuk kedalam penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel adalah menggunakan sampling jenuh/ total sampling yaitu teknik yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, jumlah dari populasi sekaligus sampelnya adalah sebanyak 102 responden, penelitian ini dianalisis menggunakan sofware SPSS versi 25 dengan uji hipotesis yang terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skills dan personality baik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan PT.Kosmetik X zona 2 dan zona 3 jawa bagian timur, variabel skills mempunyai nilai sumbangan efektif sebesar 24.3% terhadap kinerja tenaga penjualan, sedangkan variabel personality mempunyai sumbangan efektif terhadap variabel kinerja tenaga penjualan sebesar 32.6%.
Copyrights © 2020