perekonomian Indonesia. UMKM dituntut untuk mampu merumuskan strategi yang baik, karena produk UMKM tidak akan dapat dipasarkan apabila tanpa didukung adanya strategi pemasaran yang tepat dan strategi pemasaran juga diperlukan untuk pengembangan serta mempertahankan kelangsungan bisnis UMKM itu sendiri. Dalam konsep pemasaran, setiap unit bisnis termasuk UMKM dituntut untuk mampu memahami perilaku konsumen. Tujuan penelitian pada adalah untuk menyusun model pengaruh brand image terhadap Customer Relationship Management (CRM) dan loyalitas pelanggan pada UMKM.Populasi penelitian ini adalah para pelaku UMKM sektor makanan di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yaitu dengan cara accidental sampling dan jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 responden. Analisis data dan pengujian hipotesis peneliti menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program software Smart Partial Least Square (SmartPLS).
Copyrights © 2019